Bahaya Radiasi Hp, Jika Telepon Terlalu Lama


Sekarang ini, handphone bukan barang asing lagi. Tidak peduli berbagai kalangan menggunakannya. Dari yang dewasa, remaja, tua sampai anak anak. Bagi kalangan dewasa, hp mungkin dipakai sebatas untuk menunjang aktivitasnya, tapi bagi remaja dan anak anak. Mereka menggunakannya hampir disetiap waktunya. Tidak menyadari dan mungkin tak tahu bahaya radiasi mengintai.

Perhatikan, bagaimana anak muda memasang alat ini di telinga untuk berkomunikasi, seberapa perlukah pembicaraan mereka? Syukur, kalau pembicaraan itu bermanfaat, tetapi kalau pembicaraan itu tidak bermanfaat, kalau bicara berlama lama, mungkin saja mereka hanya berkata hallo, omong kosong tak terarah pembicaraannya. Banyaknya bonus bicara gratis, mendukung mereka tidak berpikir panjang karena tidak terbebani biaya.

Beberapa penelitian mengatakan, radiasi hp bisa mengakibatkan penyakit serius semacam kanker atau gangguan tertentu. Disamping itu, efek dari radiasi elektromagnetik pada manusia juga dapat mengakibatkan dampak seperti :

  • Memanaskan otak
  • Memanaskan kulit
  • Sakit kepala
  • Pusing pusing
  • Kehilangan konsentrasi
  • Penyakit Alzheimer, Multiple Sclerosis dan Parkinson
  • Penyakit jantung dan batu ginjal
  • Bayi cacat
  • Kerusakan sistem pertahanan tubuh dan DNA
  • Peningkatan tekanan darah


Untuk meminimalisir bahaya yang mungkin terjadi karena pengaruh radiasi hp/ponsel, berikut ada beberapa cara :
Batasi pemakaian hp/ ponsel, hanya panggilan penting dan bicaralah dengan singkat. Jika kamu memang harus melakukan panggilan yang lama, disarankan untuk memakai handsfree, headset, earphone atau speakersphone.

Untuk panggilan lama, lebih baik disarankan menggunakan telepon rumah atau yang berkabel.
Anak anak di bawah umur sebaiknya menggunakan dalam keadaan darurat. Dalam taraf perkembangan, bahaya radiasi bisa semakin.
Jika tanpa handfree, tunggulah sampai panggilan benar-benar terkoneksi sebelum menaruh ponsel ke telinga untuk melakukan pembicaraan.

Minimalisir pemakaian ponsel di ruang tertutup dengan bahan logam atau baja, misalnya dalam mobil. Dalam ruangan seperti itu, ponsel harus bekerja keras menstabilkan koneksi sehingga radiasi meninggi. Selain itu, ada kemungkinan radiasi memantul kembali ke pengguna ruangan yang didominasi bahan baja.
Meminimalisir penggunaan ponsel, ketika kekuatan sinyal hanya satu bar atau kurang. Dalam kondisi ini, ponsel harus bekerja keras untuk menstabilkan koneksi sehingga radiasi bertambah besar.
Belilah ponsel dengan level SAR ( Specific Absorbtion Rate ) yang rendah, dibawah 1,6 watt/kg. Semakin rendah SAR, semakin baik untuk meminimalisir radiasi. Informasi tentang SAR, dapat diperoleh di buku panduan atau surfing di internet.

Jauhkan hp/ponsel yang aktif dari tempat tidur. Saat tidur, jangan letakkan handphone terlalu dekat dengan tempat tidur untuk menghindari paparan radiasi terus menerus di tempat sama.
Hindari menaruh handphone di tempat yang tetap, di dekat tubuh kita dalam jangka waktu yang lama. Bisa di kombinasi di kantung celana, ke saku atau media penyimpanan lain.
Jauhi teman atau orang di sekitar kita yang telpon ria dalam jangka waktu lama, agar kita tidak terkena imbas radiasi tersebut.

Teknologi adalah kemudahan, teknologi menawarkan kesukaan dan keasyikan. Tapi, tanpa waspada dampaknya, apakah gunanya. Semoga tulisan ini, mengingatkan kita semua untuk pkamui menyikapinya.a

Bahaya Radiasi Hp, Jika Telepon Terlalu Lama

0 komentar

Post a Comment