-->

dasar dasar belajar seo


Search engine optimization  SEO adalah ilmu dasar yang harus dimiliki oleh mereka yang mau mengenalkan blog atau web, SEO adalah suatu proses untuk meningkatkan website di search engine dengan kata kunci (keyword) tertentu. SEO adalah  suatu tehnik algoritma untuk menempatkan suatu situs atau blog diurutan teratas dari hasil pencarian search engine yang bertujuan meraup banyak pengunjung.
Mengapa  membutuhkan SEO? Kebanyakan pengguna internet menggunakan search engine untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Mereka akan memasukkan kata kunci tertentu dan search engine akan mengidentifikasi dan menampilkan content  dari website  yang berhubungan dengan kata kunci tersebut. Pengguna Search engine cenderung untuk mengunjungi website yang muncul pada halaman utama yang notabene dengan ranking yang tinggi di search engine.

Perlu juga untuk dipahami bahwa Search engine, google misalnya, tidaklah seperti mata kita yang bisa melihat keseluruhan isi situs secara mendetail mulai dari gambar, vidio, warna, maupun tulisan-tulisan secara utuh, berbedahalnya dengan Seach engine, ia hanya melihat atau membaca kode-kode HTML dari blog  atau website kita, lebih tepatnya ia hanya membaca teks yang ada dibalik halaman website kita.
SEO mencakup on page optimization dan off page optimization.
On page optimization merujuk pada bagaimana susunan halaman website kita sehingga sesuai atau paling tidak mendekati aturan identifikasi search engine.

Tips untuk on page optimization:


  1. Pilihlah content yang unik dan sesuai dengan tema website kita.
  2. Optimasi tag – Buatlah semua halaman web kita mempunyai judul yang unik atau  berbeda satu dengan lainnya dan membuat deskripsi untuk setiap meta tag.
  3. Update content website secara rutin. (penggunaan huruf tebal (Bold), Garis bawah (underline) atau  tanda miring, penggunaan tautan keyword (anchor text)sangatlah berpengaruh pada search engine)
  4. Buatlah sitemap website kita sehingga mudah dikenali search engine. Sitemap adalah halaman yang berisi link dari semua halaman yang ada di-website kita.
  5. Buatlah tampilan yang sederhana namun dapat mencakup seluruh halaman pada website kita.
  6. Buatlah variasi pada judul dan content dengan menggunakan rumusan H1 H2, (Tag H1 pada Header dan H2 pada sub Header). Buatlah variasi pada image gambar dengan menggunakan alt Tag image (membuat link tautan pada image yang dipasang).
  7. Off page optimization – lebih merujuk pada faktor diluar website yang telah kita rancang, bagaimana kita mempublikasikan website kita. Tujuan utama dari off page ini adalah mendapatkan back links yang berkualitas dari website lainnya.

Tips untuk off page optimization:


  1. Buat artikel dan submit ke article directory yang ada. Dengan men-submit artikel ke article direktori biasanya kita akan diberikan suatu kolom khusus untuk memperkenalkan profil kita. Disinilah kita mempromosikan website kita dan mendapatkan backlink yang berkualitas. Contoh article directory: Ezinearticles.com (article directory yang cukup terkenal tapi article yang kita submit sangat sulit di-approve atau  disetujui untuk di-publish). Article89.com (berdasarkan pengalaman lebih mudah untuk di-approve dan cukup bagus untuk mendapatkan back link berkualitas). Articlecity.com (belum ada pengalaman untuk directory ini).
  2. Lakukan pertukaran link dengan website lain, dengan catatan lakukan pertukaran dengan website yang benar - benar aktif sehingga backlink yang kita dapatkan juga terjaga kualitasnya (namun kalau tujuannya untuk persahabatan bukan untuk SEO, kita bisa lakukan pertukaran link dengan siapa saja)
  3. Aktif didalam forum dan website social networking.Forum dan social sites adalah tempat yang cukup bagus untuk mendapatkan backlink dan melakukan pertukaran link dengan sesama anggota. misalnya : infogue.com. lintas berita.com, digg.com, dll.
  4. Submit website Anda ke web directory. Web directory adalah suatu situs direktori yang khusus me–list setiap website berdasarkan kategori tertentu. Perlu diingat bahwa kebanyakan web direktori gratisan yang berkualitas menerapkan aturan yang keras untuk setiap website yang mendaftar, misalnya: bukan situs dewasa, usia web harus diatas 6 bulan,dsb.Web direktori yang terbaik sekarang adalah DMOZ.org karena banyak situs yang menggunakan datanya dan kabar baiknya DMOZ tidak menarik bayaran alias gratis. Contoh lainnya: Yahoo directory, tapi sayangnya harus bayar biaya tahunan. Disamping kedua web directory tersebut masih terdapat banyak Web Directory yang gratis.

Istilah dalam SEO

Dalam SEO ini juga dikenal dengan istilah Spamdexing,penggunaan tehnik ini tidak etis karena penggunaan tehnik ini semata-mata cuma mengejar nilai tinggi di search engine,padahal belum tentu situs atau blog tersebut menyajikan informasi yang sesuai dengan keyword. resiko dari penggunaan teknik ini adalah situs atau blog tersebut akan dibanned oleh search engine.

Key Stuffing

Key Stuffing merupakan teknik membanjiri suatu halaman situs dengan kata-kata penting yang banyak dicari oleh pengguna search engine,kata tersebut dibuat sedemikian rupa sehingga tidak mengganggu kenyamanan pengunjung
dalam mengunjungi situs atau bloga tersebut.
ada beberapa cara penggunaan teknik ini…….

  1. invisible keyword.teknik ini paling sering digunakan dan paling gampang.tehnik ini melakukan penyamaran warna kata kunci(keyword),sehingga menjadi sama persis dengan warna situs atau blog tersebut.search engine tidak melihat suatu situs atau blog berdasarkan bentuk visualnya melainkan melakukan pembacaan terhadap Source Code(HTML Code),kemudian menempatkan sebagai salah satu hasil pencarian.
  2. invisibel link merupakan teknik serupa tapi tak sama dari tehnik invisible keyword,tehnik ini dilakukan dengan menaruhkan hyperlink pada setiap karakter titik(.) disitus atau blog.


0 Response to "dasar dasar belajar seo"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2